Jumat, 17 April 2015

PEMBENTUKAN MGMP RUMPUN MAPEL PAI


Para Guru Mapel PAI Kec. Lembang-Ngamprah berpose bersama seusai acara pembentukan MGMP


Pokjawas Kemenag KBB;
MGMP merupakan salah satu upaya sekaligus sarana untuk mengembangkan kompetensi guru di tengah tuntutan peningkatan kualitas pendidikan khususnya di Madrasah Tsanawiyah. Terlebih ketika Kementerian Agama menggulirkan Peraturan Menteri Agama Nomor 207 Tahun 2014 bahwa rumpun Mata Pelajaran PAI (Akidah-Akhlak, Quran-Hadis, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab) untuk tahun 2015 ini masih harus menggunakan Kurikulum 2013.
Tentu saja, hal ini memerlukan penanganan yang lebih serius mengingat bahwa Kurikulum yang urung diberlakukan Mendiknas di lingkungannya ini, masih dianggap terlalu prematur jika dilihat dari kesiapan sekolah atau madrasah dalam menjalankannya.
Namun demikian, jika dilihat dari bidang garapan dan focus penilaiannya, Kurikulum 2013 ini sangat tepat dan sesuai jika diterapkan dalam rumpun mata pelajaran PAI. Hal ini karena untuk mata pelajaran PAI yang nota bene lebih memfokuskan pada aspek afektif dan psikomotor, Kurikulum 2013 ini benar-benar memberikan wadah untuk hal tersebut. Dan karena itulah, Kementerian Agama melalui PMA tersebut memerintahkan untuk tetap memberlakukan kurikulum ini.

Pembentukan MGMP PAI ini sebagaimana disebutkan Drs. Buldan Thoyyib, Kepala Madrasah Persis 50 Lembang, sekaligus menjawab keprihatinannya selama ini. “Sejak saya mengajar sampai sekarang, MGMP PAI, khususnya mata pelajaran Bahasa Arab ini belum pernah terdengar. Karena itu, sangat wajar kalau berkas pembelajaran yang saat ini digunakan oleh para guru masih dalam bentuk kopas.” (copy-paste. Red)
Dengan demikian, melalui pembentukan MGMP PAI ini diharapkan akan mampu memberikan kontribusi sekaligus jawaban bahwa PAI bisa memberikan kontribusi lebih dalam bidang pendidikan terutama di Madrasah yang jelas-jelas mengawali dan menjalankan keseluruhan proses pendidikannya didasarkan pada pola dan aturan agama kita, Islam.
Hal serupa juga diakui oleh Drs. H. Usep Sya’rani, salah seorang guru Bahasa Arab dan beberapa guru mapel PAI lain bahwa keinginan untuk membentuk MGMP ini sudah sekian lama terpendam. Bahkan gagasan ini telah sempat terbentuk, namun setelah pembentukan itu tidak pernah terdengar lagi langkah dan kinerja riil selanjutnya.
Pembentukan MGMP Rumpun Mata Pelajaran PAI ini juga diharapkan dapat menjadi pemicu dan pemacu semangat untuk kebangkitan rumpun mata pelajaran lain. Hal ini sebagaimana dituturkan oleh Drs. Muhammad Abduh, Kepala MTs. Al-Musyawarah Lembang, yang rencananya dalam waktu dekat akan segera melaksanakan dan membentuk MGMP serupa untuk wilayah kecamatan Lembang dan Ngamprah yang merupakan wilayah binaan Dian Nurdiana, S.Pd.I, M.Si., sebagai Pengawas Pembina di wilayah tersebut.
Kepengurusan MGMP Rumpun Mata Pelajaran PAI yang terpilih antara lain :
NO
MATA PELAJARAN
KEPENGURUSAN
1
AKIDAH-AKHLAK
Ketua
Ayi Suhendar, S.Pd.I
Sekretaris
Asep Mahpudin, S.Pd.I
Bendahara
Santika Komalasari, S.Pd.I
2
QURAN-HADIS
Ketua
Amin Tajudin, S.Pd.I
Sekretaris
Lilis Karwati, S.Ag.
Bendahara
Eulis Muflihati, S.Ag.
3
FIKIH
Ketua
Idin Muhidin
Sekretaris
Hilman, S.Pd.I
Bendahara
Iis Sayidah
4
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Ketua
Galih
Sekretaris
Teguh
Bendahara
Etiwati Zuniawati, S.Ag.
5
BAHASA ARAB
Ketua
Barli, SE.I, M.Ag
Sekretaris
Ridwan Taufiq, S.Pd.
Bendahara
Drs. H. Usep Sya’rani, M.Pd.I

Dalam hal ini, secara otomatis, mereka yang tidak hadir dalam pembentukan MGMP ini dinyatakan sebagai anggota dari setiap MGMP mapel yang bersangkutan. Hal ini mengingat tingkat kehadiran guru PAI dalam acara ini hampir 95%. Tentu saja hal ini sudah memenuhi quorum yang ditentukan dalam setiap acara pemilihan pengurus suatu organisasi, jelas Buldan Thoyyib, yang bertindak sebagai Panitia dalam acara tersebut.
Dan untuk memudahkan proses pemantauan pelaksanaan MGMP sekaligus bertanggung jawab atas jalannya MGMP setiap mata pelajaran PAI ini, para ketua dari setiap mata pelajaran ini telah sepakat untuk menunjuk Barli, SE.I, M.Ag., Ketua MGMP Bahasa Arab untuk sebagai Koordinator atau Ketua MGMP Rumpun Mata Pelajaran PAI di MTs Wilayah Kecamatan Lembang dan Ngamprah.
Semoga dengan pembentukan MGMP Rumpun Mata Pelajaran di wilayah Kecamatan Lembang dan Ngamprah ini menjadi pemicu kebangkitan dan keberhasilan peningkatan kualitas madrasah selanjutnya. Semoga. Amin. (DNH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar